Breaking News:

Pekanbaru PPKM Level IV

PPKM Level IV Pekanbaru, Ratusan Kendaraan Dipaksa Putar Balik, Wajib Sodorkan Bukti Sudah Divaksin

PPKM Level IV Pekanbaru mulai diberlakukan hari ini, Senin (26/7/2021) sejumlah penyekatan dilakukan.

Penulis: Alex | Editor: Ilham Yafiz
Tribunpekanbaru.com / Alex Sander
Petugas berjaga di pos penyekatan perbatasan Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Senin (26/7/2021). Pekanbaru memberlakukan PPKM Level IV mulai hari ini. 

TRIBUNPEKANBARU.COM - PPKM Level IV Pekanbaru mulai diberlakukan hari ini, Senin (26/7/2021) sejumlah penyekatan dilakukan.

Penyekatan jalur masuk ke Kota Pekanbaru diberlakukan sejak dimulainya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Pekanbaru, yang pusatkan di 5 titik.

Kelima titik tersebut di antaranya adalah, Jalan Yos Sudarso Rumbai atau Simpang Bingung, Jalan KH Nasution, Jalan HR Soebrantras, Simpang Jalan Garuda Sakti, Jalan Lintas Timur km 22, dan di Jalan Garuda Sakti km 4.

Dari pantauan Tribun di posko penyekatan Jalan HR Soebrantas, yang tidak jauh dari gerbang kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, satu per satu kendaraan yang hendak masuk ke Kota Pekanbaru diberhentikan oleh petugas di pos penyekatan tersebut. 

Sebagaimana regulasinya, para pengendara yang masuk ke Pekanbaru harus menunjukkan kartu sudah divaksin, atau surat keterangan PCR maupun swab.

"Ini merupakan salah satu ketentuan dalam PPKM level 4, yaitu wajib menunjukan kartu vaksin, minimal vaksinasi dosis pertama yang hendak masuk ke Kota Pekanbaru. Sedangkan, moda transportasi antar kota antar provinsi, wajib menunjukan kartu vaksin dan swab antigen H-1," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya saat melakukan peninjauan ke posko Jalan HR Soebrantas tersebut, Senin (26/7/2021).

Dikatakannya, pihaknya sudah menyepakati untuk tetap bersikap humanis di lapangan dan tidak mempersulit masyarakat yang akan lewat, asalkan memenuhi ketentuan yang sudah diatur.

"Bagi masyarakat yang melintas tetap harus menunjukan kartu bukti telah divaksin, dan mereka yang bekerja atau membawa kebutuhan esensial dan kritikal yang boleh lewat," imbuhnya.

Penjagaan di pintu masuk Pekanbaru tersebut dikatakannya dijaga selama 24 jam. 

Dari pantauan Tribun, terdapat sejumlah kendaraan yang terpaksa putar balik, karena tidak dapat menunjukkan persyaratan yang diminta petugas di lapangan.

Salah seorang pengendara, Rusdiyanto mengatakan, dirinya terpaksa berputar arah karena masih belum divaksin dan tidak memiliki kartu.

"Saya mau saja divaksin, tapi seperti kita tahu vaksinnya masih terbatas. Sudah berapa kali antre saya mau vaksin, tak dapat-dapat, yang antre rame luar biasa, membludak, mau dapat anti virus malah kita kawatir ketularan di sana. Semua dipersulit di negri sendiri," umpatnya kesal sambil berputar arah.

Hal yang sama dikatakan Endri. Ia juga dikinta berputar arah karena tidak memiliki kartu vaksin.

"Harusnya disediakan langsung di sini vaksinnya. Karna untuk dapatkan vaksin saja masih sangat susah. Pusing kalau gini," ujarnya.

( Tribunpekanbaru.com / Alexander )

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved