Breaking News:

Injak Kaki di 2 Provinsi,Riau dan Jambi,Indahnya Negeri di Atas Awan Bukit Condong Inhil Bak Ilusi

Keunikan wisata Bukit Condong Inhil, Anda bisa injakkan kaki sekaligus di dua provinsi, Riau dan Jambi, tubuh Anda pun berada di dua provinsi

Penulis: T. Muhammad Fadhli | Editor: Nurul Qomariah
TRIBUNPEKANBARU/TM FADHLI
Rombongan Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan dan awak media saat menikmati suasa pagi di Puncak 1 Bukit Condong, Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Inhil, Riau, Minggu (26/9/2021).Indahnya negeri di atas awan Bukit Condong bak ilusi. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, INHIL - Keunikan wisata Bukit Condong Inhil, Anda bisa injakkan kaki sekaligus di dua provinsi, Riau dan Jambi karena tempat wisata ini tepat berada di batas wilayah 2 provinsi.

Pengunjung bisa menempatkan kaki kanan di Provinsi Riau dan kaki kiri di Provinsi Jambi, atau sebaliknya, tubuh Anda pun berada di dua provinsi.

Selama ini Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dikenal sebagai negeri di atas air yang berada di Pesisir Timur Pulau Sumatera dengan julukan Negeri Seribu Parit.

Inhil dikenal sebagai daerah pasang surut yang emiliki beberapa sungai besar yang membelah daratan Inhil dengan ribuan parit untuk areal perkebunan kelapa terluas di dunia.

Namun bila mengarah ke arah selatan yang tidak begitu diketahui, Inhil juga memiliki daerah perbukitan yang menjadi bagian kawasan penyangga dan kawasan inti Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

Hampir 20.000 hektare (ha) wilayah Inhil menjadi bagian kawasan inti Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) menjadi wilayah kerja Resor Keritang.

Kawasan inti ini seluruhnya berada di Kecamatan Kemuning meliputi Desa Keritang, Desa Batu Ampar dan Kelurahan Selensen.

Di lokasi inilah terdapat bukit yang memiliki pemandangan indah dan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Inhil saat ini, yaitu Bukit Condong.

Bukit ini merupakan bagian dari kawasan TNBT yang terletak di Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau.

Areal bukit ini berbatasan langsung dengan wilayah Jambi, sehingga sebagian areanya berada di wilayah Provinsi Riau dan sebagian lagi berada di wilayah Provinsi Jambi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved