Rokan Hulu

Dinas PUPR Rohul Buka Jalan Baru di Rohul, Ini Panjang Jalan yang akan Dibangun

Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Rokan Hulu (Rohul) akan membuka jalan baru di Rohul pada tahun 2019 menuju pelosok Rohul

Dinas PUPR Rohul Buka Jalan Baru di Rohul, Ini Panjang Jalan yang akan Dibangun
Istimewa
Ruas jalan masuk ke Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS). 

Dinas PUPR Rohul Buka Jalan Baru di Rohul, Ini Panjang Jalan yang akan Dibangun

Laporan Wartawan Tribunrohul.com, Donny Kusuma Putra

TRIBUNROHUL.COM, PASIRPANGARAIAN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Rokan Hulu (Rohul) akan membuka jalan baru di Rohul pada tahun 2019 menuju pelosok Rohul.

Setiap tahunnya memprioritaskan perbaikan kerusakan terhadap ruas jalan poros desa maupun jalan lingkungan desa, khususnya jalan yang menjadi angkutan hasil produksi pertanian dan perkebunan masyarakat di 16 kecamatan se Rohul.

Baca: Warga Terantak Manuk dan PT Safari Riau Saling Blokir Jalan, Dipicu Persoalan Kebun KKPA

Baca: PERINGATAN Bagi Warga Berusia di Atas 23 Tahun Tidak Rekam KTP Elektronik, Data Diblokir

Dimana, jalan desa yang menjadi angkutan produksi tandan buah segar (TBS) milik masyarakat akan diperbaiki dalam tahun ini secara bergiliran. Perbaikan kerusakan jalan desa itu, sepanjang adanya laporan dan usulan proposal yang disampaikan kepala desa ke Dinas PUPR Rohul.

Tidak hanya perbaikan kerusakan ruas jalan, dalam tahun ini Dinas PUPR Rohul melaksanakan pembukaan jalan baru di wilayah UPTD PUPR Kecamatan di Rohul dengan sistim swakelola.

Kepala Dinas PUPR Rohul, Anton menjelaskan, pelaksanaan kegiatan pembukaan jalan baru sepanjang 30 Kilometer (Km) yang dananya telah dialokasikan melalui APBD Rohul murni tahun 2018 sebesar Rp3,8 miliar, telah mulai dilaksanakan September lalu.

Baca: Tiga Hari SKD Kabupaten Rohil, Cuma 19 Peserta Lolos Passing Grade

Baca: Peringati Hari Pahlawan, Bupati Kampar Keluarkan Surat Edaran Mengheningkan Cipta 1 Menit

Ia menambahakan, kegiatan yang pelaksanaannya dengan sistim swakelola tersebut, saat ini sedang dalam pekerjaan dilapangan. Untuk wilayah Kecamatan Rambah, pembukaan jalan baru sudah mencapai 10,3 Km.

Sedangkan di Desa Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Utara, tambahnya, sepanjang 7 Km dan sisanya kegiatan pembukaan jalan baru di Kecamatan Ujung Batu sedang dalam pelaksanaan.

"Kita targetkan menjelang akhir tahun, kegiatan pembukaan jalan baru yang pelaksanaannya dengan sistim swakelola tuntas sepanjang 30 Km, untuk lebar jalan baru yang dibuka 10-12 meter," katanya, Jumat (9/11/2018)

Anton mengaku, pembukaan jalan baru yang dilaksanakan Dinas PUPR Rohul tujuannya tidak lain untuk mempermudah nantinya masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.

Baca: Kapolres Inhu Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir di Pasir Penyu

Baca: Klasemen Sementara Grup B Piala AFF 2018: Tertinggal Satu Gol, Indonesia di Dasar Klasemen

"Pelaksanaan pembukaan jalan baru di desa yang ada di Kecamatan di Rohul, atas dasar usulan proposal yang disampaikan masyarakat melalui Kepala Desa. Sepanjang ada usulan masyarakat untuk pembukaan jalan baru itu, kita akan tindaklanjuti. Yang jelas tahun ini, ditargetkan pembukaan jalan baru sepanjang 30 Km," terangnya.

Dengan catatan, tambahnya, program pembukaan jalan baru yang diusulkan itu, lahan yang dijadikan untuk pembukaan jalan tidak ada sengketa dengan sepadan, lahan telah dibebaskan tanpa ada permintaan ganti rugi dari masyarakat kepada pemerintah daerah.

Anton menambahkan, pembukaan jalan baru dan peningkatan pembangunan ruas jalan yang dilaksanakan Dinas PUPR dalam rangka mendukung visi misi kabupaten Rohul dengan jargon membangun desa, menata kota.

Baca: Hasil Timnas Timor Leste vs Thailand Piala AFF 2018 Babak Pertama Thailand Unggul 4-0

Baca: 175 Orang Berminat Jadi Kades di Rohul, Telah Mendaftar Sebagai Bacakades di 51 Desa di Rohul

"Pak Bupati kita H. Sukiman komit dan konsisten secara bertahap infrastruktur dasar masyarakat khususnya jalan dan jembatan di pedesaan menjadi prioritas untuk dibangun secara bertahap melalui dana APBD Rohul. Tentunya mohon dukungan masyarakat terhadap program infrastruktur yang dilaksanakan Pemkab Rohul," pungkasnya. (*)

Penulis: Donny Kusuma Putra
Editor: Nolpitos Hendri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved