Klub Tekad Fisipol UR dan UIR Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Puluhan mahasiswa dari dua universitas kenamaan di Riau mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik di kantor Tribun Pekanbaru, Sabtu (20/4/2019).

Klub Tekad Fisipol UR dan UIR Ikuti Pelatihan Jurnalistik
Tribun Pekanbaru/Hendra Efivanias
PELATIHAN - Puluhan mahasiswa dari dua universitas kenamaan di Riau mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik di kantor Tribun Pekanbaru, Sabtu (20/4/2019). Pelatihan diisi materi teori dan praktek langsung ke lapangan. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Puluhan mahasiswa dari dua universitas kenamaan di Riau mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik di kantor Tribun Pekanbaru, Sabtu (20/4/2019).

Pelatihan diisi materi teori dan praktek langsung ke lapangan.

Sebagian besar peserta pelatihan berasal dari Klub Tekad, yang berisikan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Fisip Universitas Riau.

Kegiatan ini bagian dari program Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dengan mengusung tema “Nekat Berkarya Jurnalistik di Era Milenial”.

Total ada 16 peserta dari Klub Tekad.

Baca: Trafik Layanan Data di Riau Meningkat 28 Persen Saat Pemilu

Baca: Jika Jokowi Menang Pilpres Lagi, Bakal Pecahkan Rekor Lima Kali Pemilu dan Selalu Menang

Sementara delapan mahasiswa lainnya berasal dari Universitas Islam Riau yang sedang tugas kunjungan di Tribun.

Ketua Pelaksana PJTD Yana Mezufri mengatakan Tribun Pekanbaru dinilai sebagai media multi platform yang memiliki sinergisitas yang baik antara media cetak, online, dan media sosialnya.

Hal tersebut menurutnya menjadi alasan pemilihan Tribun Pekanbaru sebagai media pendukung pelatihan jurnalistik.

“Kami melihat Tribun selain terkenal dengan independensinya, mereka juga punya media seperti yang disebutkan tadi (online, cetak, dan media sosial, red), dan seluruhnya bersinergi. Kami dari Tekad ingin melihat dan belajar bagaimana mengelola semua itu,” ujar Yana.

Dalam pelatihan tersebut ada empat materi yang dipelajari yaitu teknik wawancara dan menulis, manajemen redaksi, foto jurnalistik, serta layout dan desain koran.

Keempat materi ini disampaikanoleh dua pemateri dari Tribun Pekanbaru secara bergantian dalam dua sesi, yakni manajer produksi Tribun Pekanbaru Sutan Harismanto Djambak dan koordinator liputan Febri Hendra.

Pelatihan ini menjadi sarana pembelajaran tambahan terhadap jurnalistik, baik teori maupun praktiknya.

Menurut Dea Folzen, salah satu peserta, pelatihan ini menambah keyakinan dan juga memberikan ilmu baru seputar jurnalistik.

“Semakin optimis menjadi jurnalis,” pungkas Dea. (Tribunpekanbaru.com/Febri Hendra)

Penulis: FebriHendra
Editor: Hendra Efivanias
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved