Berita Riau

Anggota DKPP RI Sebut, Selain Laporan KPU Kuansing Ada Satu Lagi Pengaduan yang Sedang Diproses

Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu RI, Alfitra Salamm mengungkapkan masih ada satu lagi pengaduan yang masuk ke DKPP terkait Pemilu

Anggota DKPP RI Sebut, Selain Laporan KPU Kuansing Ada Satu Lagi Pengaduan yang Sedang Diproses
Tribunpekanbaru.com/GuruhBW
DKPP menggelar sidang kode etik yang dihadiri seluruh komisioner KPU Kuansing sebagai pihak teradu, Bapilu Hanura Riau sebagai pengadu dan Bawaslu Kuansing sebagai pihak terkait di aula Bawaslu Riau, Jumat (14/6/2019) kemarin. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU-Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) RI, Alfitra Salamm mengungkapkan masih ada satu lagi pengaduan yang masuk ke DKPP terkait penyelengara Pemilu di Riau.

Namun hingga saat ini baru satu pengaduan yang sudah disidangkan dalam sidang kode etik DKPP.

"Ada dua pengaduan yang masuk dari Riau ke DKPP RI, satu di antaranya adalah pengaduan dari Ketua Bapilu Hanura Riau, Suhardiman Amby terhadap KPU Kuansing yang telah disidangkan pada Jumat (14/6/2019). Sedangkan pengaduan kedua belum saya cek, apakah sudah teregistrasi atau belum," ujar Alfitra Salamm, Sabtu (15/6/2019).

Alfitra Salamm menjelaskan, untuk proses persidangan kode etik, normalnya DKPP hanya sekali.

Baca: Jika Terbukti Bersalah, Suhardiman Amby Minta Seluruh Komisioner KPU Kuansing Diganti

Namun tidak menutup kemungkinan dilakukan sidang kode etik sebanyak 2 kali jika pokok pengaduan yang diajukan sangat banyak.

"Tergantung banyaknya pokok pengaduan, jika pokok pengaduannya banyak tentu bisa dilakukan dua kali sidang," ujar Alfitra.

Terkait sidang kode etik yang digelar pada Jumat (14/6/2019) kemarin, masih dalam proses putusan.

Putusan sidang kode etik kata Alfitra dilakukan oleh DKPP dengan terlebih dahulu membahas hasil sidang yang diajukan oleh majelis sidang.

"Kami masih akan menggelar rapat majelis terlebih dahulu. Hasil rapat akan kami ajukan ke DKPP untuk disidang pleno, dalam sidang pleno tersebutlah DKPP akan menentukan ada tidaknya kesalahan yang dilakukan penyelenggara Pemilu," ujarnya.

Baca: Alfitra Salam : Nasib Komisioner KPU Kuansing Tergantung Sidang Pleno DKPP RI

KPU Riau Siap Berikan Sanksi

Halaman
123
Penulis: Guruh Budi Wibowo
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved