Siak

Warga Siak yang Tidak Puas dengan Pelayanan Instansi Tertentu, Bisa Mengadu Lewat Aplikasi Ini

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau, Ahmad Fitri mengatakan, dari seluruh kabupaten/kota se Riau, Siak yang terbaik dalam menerapkan aplikasi LAPOR.

Warga Siak yang Tidak Puas dengan Pelayanan Instansi Tertentu, Bisa Mengadu Lewat Aplikasi Ini
The Financial Express
WhatsApp 

Warga Siak yang Tidak Puas dengan Pelayanan Instansi Tertentu, Bisa Mengadu Lewat Aplikasi Ini

TRIBUNSIAK.COM, SIAK - Jika tidak puas dengan pelayanan petugas di instansi tertentu, masyarakat bisa membuat pengaduan melalui aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Layanan pengaduan berbasis aplikasi ini diluncurkan oleh Ombudsman Republik Indonesia (ORI) dan telah berjalan dengan baik di Kabupaten Siak.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau, Ahmad Fitri mengatakan, dari seluruh kabupaten/kota se Riau, Siak yang terbaik dalam menerapkan aplikasi LAPOR tersebut.

Aplikasi itu merupakan inovasi sarana pengaduan masyarakat berbasis teknologi.

"Pengaduan masyarakat yang masuk melalui aplikasi LAPOR sangat mudah dipantau. Tindak lanjutnya dari OPD terkait juga dapat diketahui di sana," kata Ahmad Fitri, Rabu (6/11/2019) di Siak.

Heboh Siswa SD di Pekanbaru Temukan Baju dan Celana Dalam Penuh Bercak Darah, Terkait Pembunuhan?

Ia juga memuji Pemkab Siak yang terus berupaya memperbaiki pelayanan publik. Sarana lain yang berbeda di Siak adalah pengaduan langsung ke Bupati Siak melalui WhatsApp.

"Untuk memperbaiki sektor pelayanan publik, memang harus didukung oleh semua pihak. Bupatinya juga sangat luar biasa dalam menerima aduan masyarakat," kata dia.

Diluncurkannya aplikasi LAPOR oleh ORI sebenarnya untuk menjembatani interaksi antara masyarakat dan pemerintah daerah. Hal itu sesuai dengan amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik bahwa masyarakat mempunyai hak dalam mengawasi pelayanan publik.

Prosedur pelaporannya juga sangat gampang. Masyarakat bisa mengakses website www.lapor.go.id. Aplikasi LAPOR ini juga bisa diinstal untuk pengguna Android dan Iphone.

"Kami juga mengedukasi masyarakat agar dapat menggunakan aplikasi ini," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Ariestia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved