Breaking News:

Siapkan 100 Unit Komputer untuk Tes CPNS dan PPPK, BKPSDM Pelalawan Ajukan Peminjaman ke Disdikbud

BKPSDM Pelalawan Ajukan Peminjaman ke Disdikbud untuk menyiapkan 100 unit komputer Tes CPNS dan PPPK.

Penulis: johanes | Editor: Ariestia
Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung
Peserta CPNS Kabupaten Pelalawan mengikuti test SKB di auditorium lantai lll Kantor Bupati beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - BKPSDM Pelalawan Ajukan Peminjaman ke Disdikbud untuk menyiapkan 100 unit komputer Tes CPNS dan PPPK.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) sedang mempersiapkan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 di Kabupaten Pelalawan.

Diantaranya yakni menyediakan komputer untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sesuai jadwal yang ditentukan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sebagai panitia nasional. Test SKD masih menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) sama seperti seleksi CPNS tahun-tahun sebelumnya. Peserta akan dihadapkan dengan soal ujian secara online pada layar monitor.

"Rencananya kita akan menyiapkan 100 unit Personal Computer atau PC. Untuk kebutuhan test SKD nanti," terang Kepala Bidang Sumber Daya Manusia BKPSDM Pelalawan, Tengku Kafrawi, Kamis (29/07/2021).

Dikatakan Tengku Kafrawi kepada tribunpekanbaru.com, untuk menyiapkan kebutuhan 100 unit PC, BKPSDM bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pelalawan.

Pihaknya melayangkan surat permohonan peminjaman komputer pada sesuai jadwal seleksi SKD.

Disdikbud akan menghubungi pihak sekolah-sekolah yang memiliki laboratorium Komputer untuk dipinjamkan kepada panitia CPNS dan PPPK.

BKPSDM memang selalu meminjam PC milik Disdikbud setiap ada seleksi CPNS.

Pasalnya Disdikbud mempunyai banyak komputer yang dibeli melalui APBD maupun bantuan dari APBN yang disalurkan ke sekolah-sekolah.

Sebanyak 100 unit PC akan dipindahkan ke Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja sebagai lokasi seleksi.

"Seperti tahun lalu, Disdikbud menyanggupi kebutuhan PC yang kita minta. Tapi kita hanya sebagai fasilitator saja, panitianya langsung dari BKN," tandas Kafrawi.

Saat ini panitia CPNS dan PPPK sedang melakukan verifikasi terhadap berkas pelamar yang telah masuk hingga penutupan pendaftaran pada 26 Juli lalu. Pengumuman seleksi administrasi akan disampaikan pada tanggal 2 dan 3 Agustus mendatang.

Kafrawi merincikan, khusus CPNS sebanyak 1.926 peserta yang mengisi formulir dan 1.825 yang telah mendaftarkan diri dengan mengirimkan persyaratan dan 101 yang tidak mendaftar.

Setelah dilakukan verifikasi, 895 pelamar yang memenuhi syarat, 442 yang tak memenuhi syarat, dan 488 yang belum diverifikasi.

"Ini masih data sementara karena proses verifikasi dan validasi data masih berjalan terus meski pendaftaran sudah ditutup," terangnya.

Sedangkan data PPPK, ada 684 calon peserta yang mengisi formulir. Ada 573 diantaranya yang berhasil mendaftar dan 111 lagi tidak mendaftar.

Setelah dilakukan verifikasi oleh panitia, 370 dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) dan 203 masih belum diverifikasi. Sementara ini belum ada peserta PPPK yang TMS. (tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Foto: Peserta test SKD dan SKB CPNS Kabupaten Pelalawan pada tahun 2019 menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT). (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Berita Pelalawan Lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved