Breaking News:

Pemkab dan DPRD Siak Bakal Telusuri Alas Hak Tanah Masyarakat yang Bersengketa dengan PT DSI

Pemkab Siak dan DPRD Siak sepakat akan menelusuri alas hak atas klaim tanah masyarakat di atas Izin Usaha Perkebunan (IUP) PT DSI.

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Ariestia
TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Sejumlah awak media hanya bisa mengintip RDP Komisi II DPRD Siak dengan Pemkab Siak tentang PT DSI dan PT WSSI, Selasa (3/8/2021) siang. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pemkab Siak dan DPRD Siak sepakat akan menelusuri alas hak atas klaim tanah masyarakat di atas Izin Usaha Perkebunan (IUP) PT Duta Swakarya Indah (DSI).

Sebab, masyarakat terus berkonflik dengan PT DSI sehingga menyebabkan konflik sosial berkepanjangan di Siak.

Hal tersebut diungkap Asisten I Setdakab Siak L Budhi Yuwono usai menghadiri hearing atau Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPRD Siak, Selasa (3/8/2021) di ruangan komisi II DPRD Siak.

Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Siak Gustimar.

Saat rapat dimulai, anggota Komisi II DPRD Siak Awaluddin menyuruh staf protokol Setwan mengusir wartawan keluar ruangan.

Selain L Budhi Yuwono, RDP itu juga dihadiri Kabag Hukum Setdakab Siak Jon Efendi dan sejumlah jajaran Pemkab Siak lainnya.

PT DSI merupakan perusahaan perkebunan sawit yang mempunyai Izin Lokasi (Inlok) seluas 8.000 Ha. Di atas lahan tersebut terdapat setidaknya 11 klaim dari masyarakat.

Sementara PT DSI baru berhasil menggarap lahan tersebut seluas 2.880 Ha.

“Di atas kebun sawit 2.280 Ha itu terdapat klaim masyarakat seluas 1.200 Ha. Ada puluhan masyarakat yang mengklaim lahan mereka di sana, sehingga konflik terjadi terus menerus,” kata Budhi kepada Tribunpekanbaru.com.

Berdasarkan hal tersebut, DPRD Siak mengajak pihaknya RDP untuk mencari jalan penyelesaian. Adapun kesepakatan dalam RDP tersebut, Pemkab Siak yang didorong DPRD Siak menelusuri alas hak atas tanah yang diklaim warga di atas izin tersebut.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved