Breaking News:

Terdakwa Rudapaksa di Sukabumi kabur Usai Dibebaskan Hakim Karena Jaksa Lupa Tulis Tanggal

Seorang terdakwa rudapaksa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat kabur usai dibebaskan hakim Pengadilan Negeri Cibadak, Senin (26/9/2022).

Internet
Ilustrasi 

TRIBUNPEKANBARU.COM - Seorang terdakwa rudapaksa di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat kabur usai dibebaskan hakim Pengadilan Negeri Cibadak, Senin (26/9/2022).

Terdakwa berinisial H itu dibebaskan hakim lantaran jaksa dari Kejari Sukabumi lupa menulis tanggal di surat dakwaannya.

Akibatnya, surat dakwaan itu dinilai cacat formil.

Hakim pun memrintahkan jaksa untuk membebaskan H.

Begitu bebas, H pun langsung memanfaatkan kelalaian para penegak hukum itu untuk kabur.

Dikutip dar Tribun Jabar, H bebas setelah hakim mengabulkan putusan sela yang berawal dari eksepsi yang diajukan kuasa hukum H.

Informasi diperoleh, keputusan itu dilakukan akibat cacat formil dalam dakwaan JPU.

Saat itu, Muhammad Tahsin Roy menjadi kuasa hukum H.

Roy mengungkapkan pihaknya mengajukan eksepsi atas dakwaan JPU dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi.

Saat meneliti ketentuan formil dakwaan, ia menemukan adanya cacat formil, yakni tidak ditulisnya tanggal dalam surat dakwaan.

"Itu kuasa khusus ke kami, tidak ke Posbakum. Kami melakukan pembelaan ya, membuat eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum, kami tidak masuk kepada materi pokok perkara sebanarnya, tapi kami hanya masuk pada ketentuan syarat formil saja. Pada waktu saya membuat eksepsinya, saya melihat bahwa dakwaan Jaksa Penuntut Umum itu tidak memenuhi syarat formil dakwaan, sehingga di situ tidak dicantumkan tanggal kemudian juga tidak dibubuhi tanda tangan," ujar Roy di Pengadilan Negeri Cibadak.

Hal tersebut juga dia masukkan dalam eksepsi. Namun, poin utama pengacara H meminta hakim tidak menerima dakwaan JPU karena terdapat cacat formil.

"Di dalam eksepsi saya ada 5 poin, saya meminta kepada Majelis Hakim untuk tidak menerima dakwaan itu atau batal demi hukum karena dia cacat formil, itu saja sebenarnya yang kami minta," jelas Roy.

Sampai akhirnya, majelis hakim memutuskan dakwaan JPU terhadap H tidak dapat diterima.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved