Pelaksanaan PSBB di Riau

Pelaksanaan PSBB di Siak Riau Belum Final, Besar Kemungkinan Terapkan Pola Maksimal dan Minimal

Pola pelaksanaan PSBB di Kabupaten Siak belum final. Dari 14 kecamatan, paling mungkin hanya berlaku di 11 Kecamatan, sedangkan 3 kecamatan lain tidak

Tribunpekanbaru/MayonalPutra
Polisi memberikan tanda untuk pengaturan jarak pedagang di pasar Belantik Siak, Jumat (24/4/2020). 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Pola pelaksanaan PSBB di Kabupaten Siak belum final. Alasannya, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak baru menerima draf Pegub, sehingga dimungkinkan ada perubahan tata laksana dari provinsi.

"Belum final, sebab kita masih menunggu Pergub dari provinsi. Kalau draf kan bisa kemungkinan ada perubahan. Karena itu belum final pola yang akan kita laksanakan, tapi pada prinsipnya kita tetap matangkan polanya," kata Wakil II Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Siak, L Budhi Yuwono kepada Tribun, Rabu (13/5/2020).

Namun demikian, dalam perencanaan tim gugus tugas tersebut akan memberlakukan pola maksimal dan mininal. Pola maksimal PSBB akan diberlakukan di kecamatan-kecamatan lintas saja.

PSBB di Kabupaten Siak Riau Dimulai 15 Mei 2020

PSBB di Siak Disetujui Menkes, Tim Gugus Tugas Covid-19 Siak Tunggu Pergub dan SK Gubernur Riau

"Dari 14 kecamatan, paling mungkin hanya berlaku di 11 Kecamatan, sedangkan 3 kecamatan lain tidak perlu diberlakukan," kata dia.

Sebelas kecamatan itu adalah kecamatan Siak, Sungai Apit, Sabak Auh, Koto Gasib, Dayun, Lubuk Dalam, Tualang, Minas dan Kandis. Pada 3 kecamatan lain yakni Mempura, Pusako dan Sungai Mandau tidak perlu diberlakukan pola maksimal.

"Sebab 3 kecamatan itu bukan kecamatan lintas. Nah, itu yang spesifik dalam rencana kita. Kalau yang lain rata-rata sama seperti pembatasan jam malam, pengaturan jam buka toko, dan aktivitas apa saja yang boleh dan tidak boleh. Ini nanti akan keluar dalam pola yang kita buat," kata dia.

Rencana itu, kata dia, masih akan dirombak lagi. Acuan utama adalah Pergub. Apakah bupati Siak akan membuat turunannya dengan Perbup juga akan dikoordinasikan kepada gubernur.

Pemkab Siak Rasionalisasi Anggaran 12 Persen Lagi untuk Penanganan Virus Corona di Siak

Bupati Siak Alfedri Langsung Serahkan Paket Sembako kepada Buruh Harian Lepas Pertamanan di Siak

"Besok akan ada rapat seluruh kepala daerah dengan gubenur melalui Vidkon. Saya kira besok baru ada penjelasan yang matang tentang pola kita untuk melakukan PSBB ini," kata dia. (Tribunpekanbaru.com/mayonal putra)

Penulis: Mayonal Putra
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved