Breaking News:

Pelalawan

DPMD Pantau Pendistribusian BLT Dana Desa di Pelalawan, Memasuki Tahap lll, Ini Rinciannya

Untuk total seluruh BLT DD yang sudah disalurkan dari tahap l sampai tahap lll yang saat ini sedang berjalan mencapai Rp 15.915.000.000

Istimewa
Bupati Pelalawan HM Harris menyerahkan BLT Dana Desa kepada masyarakat di Kecamatan Bunut beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Pendistribusian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bagi warga terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus digesa oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan hingga Bulan Agustus ini.

Pembagian BLT Dana Desa (DD) dipantau langsung oleh Bupati Pelalawan, HM Harris beserta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan Adi Sukemi yang turun bersama pejabat para pejabat turun ke desa-desa. Sekaligus membagikan secara simbolia bantuan tersebut ke masyarakat untuk memastikan tidak ada masalah dalam proses penyerahannya.

PEJABAT Instansi Vertikal di Pelalawan Tularkan Covid-19 ke 7 Orang: Istri dan Anak hingga Kerabat

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pelalawan, Zamhur Das menuturkan, pendistribusian BLT dana desa saat ini sudah memasuki tahap lll. Bantuan tahap l dan ll telah terealisasi untuk 104 desa yang ada di Pelalawan dengan besaran yang beragam. Jumlah penerima manfaat juga masing-masing desa beragam san tidak serupa satu desa dengan desa lain.

"Saat ini pendistribusian BLT dana desa sudah memasuki tahap yang ketiga. Khusu bagi masyarakat yang terdampak Covid-19," ungkap Zamhur Das, kepada Tribunpekanbaru.com, Selasa (4/8/2020).

Zamhur merincikan, BLT dana desa tahap pertama yang tersalurkan mencapai Rp 5.940.600.000,- dengan jumlah penerima sebanyak 9.910 Kepala Keluarga (KK).

Bahas Limbah, Komisi ll DPRD Pelalawan Bakal RDP dengan PT Serikat Putra dan DLH Serta Masyarakat

Sedangkan BLT tahap ll diterima 9.711 KK dengan total bantuan Rp 5.826.600.000,- yang tersebar di 99 desa. Dalam waktu dekat tahap ll ini akan segera tuntas di 104 desa, tinggal menunggu proses pencairan saja.

Saat ini BLT tahap lll sudah mulai berjalan sebagian besar desa yang telah menyelesaikan tahap ll. SD yang sudah terserap Rp 4.147.800.000 yang diberikan kepada 6.913 KK sebagai penerimanya di 76 desa. Sebanyak 28 desa lagi masih mengajukan pencairan anggaran yang diperuntukan bagi penanggulangan dampak Covid-19.

"Untuk total seluruh BLT DD yang sudah disalurkan dari tahap l sampai tahap lll yang saat ini sedang berjalan mencapai Rp 15.915.000.000,- . Sesuai anjuran kementerian dan petunjuk pak bupati, ini akan dikawal terus agar semuanya selesai," tambah Zamhur.

DLH Pelalawan Diminta Tegas, Legislator Kecam Pencemaran Sungai Kerumutan Limbah Perusahaan Ini

Dikatakannya, data penerima BLT DD telah disinkronkan dengan penerima bantuan di Dinas Sosial (Dinsos) sebelum disalurkan. Agar tidak terjadi ketimpangan dan penerima ganda atas bantuan dampak Covid-19 yang diserahkan pemerintah. Hingga kini DPMD masih menginventarisir masalah-masalah yang timbul dalam pendistribusian bantuan ini.

"Kita turun ke lapangan sembari menginventarisasi apa persoalan dalam pendistribusian BLT ini. Sampai saat ini masih berjalan dengan baik," tandasnya. (Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved