Breaking News:

Usia Masjid Syahabuddin Seabad, Dibangun Masa Sultan Syarif Kasim II, Kaum Ibu Timbun Tanah Pondasi

Usia Masjid Syahabuddin sudah seabad, dibangun masa Sultan Syarif Kasim II. Uniknya, kaum ibu timbun tanah pondasi di malam hari

TRIBUNPEKANBARU/MAYONAL PUTRA
Usia Masjid Syahabuddin Seabad, Dibangun Masa Sultan Syarif Kasim II, Kaum Ibu Timbun Tanah Pondasi. Foto:Masjid Syahabuddin Siak Sri Indrapura. Tribunpekanbaru/Mayonal Putra 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Usia Masjid Syahabuddin sudah seabad, dibangun masa Sultan Syarif Kasim II. Uniknya, kaum ibu timbun tanah pondasi di malam hari.

Jika berkunjung ke Riau, tidak afdal bila belum singgah di Siak Sri Indrapura.

Siak Sri Indrapura telah menjadi representasi sejarah kerajaan Melayu, karena masih banyak peninggalan kerajaan yang tersisa dan wajib dikunjungi.

Selain Istana Siak yang bernama Asserayah Alhasyimiyah, masjid kerajaan yang masih berdiri hingga sekarang juga wajib dikunjungi sebagai situs cagar budaya Siak.

Masjid Kerajaan itu bernama masjid Syahabuddin, berada sekitar 300 meter dari istana Siak arah ke pinggir sungai.

Selain mempunyai nilai sejarah yang tinggi dalam khazanah kerajaan Melayu, bangunan masjid ini juga sangat unik.

Bangunan masjid tampak mungil namun terkesan mewah sebagai masjid kerajaan pada masanya. Unik namun mempunyai sentuhan khas Melayu Riau.

Menurut keterangan Ketua Pengurus Masjid Syahabuddin, Husni Merza, Masjid Syahabuddin yang pertama terletak di Jalan Syarif Kasim.

Masjid itu dibangun pada 1882 silam, pada masa pemerintahan Sultan Syarif Kasim I.

“Bangunan masjid Syahabuddin kala itu sangat sederhana, bahan bangunannya juga terbuat dari kayu. Jadi masjid Syahabuddin yang ada sekarang itu dibangun pada masa Sultan Syarif Kasim II,” kata Husni Merza, Jumat (23/4/2021).

Halaman
1234
Penulis: Mayonal Putra
Editor: Nurul Qomariah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved