Breaking News:

Polres Siak Gelar Apel Siaga Darurat Karhutla, APRIL Investasikan 9 Juta Dollar AS untuk Peralatan

APRIL mengiventasikan sebesar 9 juta dollar AS untuk perlengkapan dan peralatan pemadaman Karhutla

Penulis: Mayonal Putra | Editor: Nurul Qomariah
ISTIMEWA
Personel RPK APRIL Group menerangkan Sasprasnya kepada Bupati Siak Alfedri dan Kapolres Siak AKBP Gunar pada pelaksanaan apel siaga Karhutla, Jumat (1/4/2022) di Mapolres Siak. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, SIAK - Bupati Siak Alfedri pimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2022, Jumat (1/4/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Mapolres Siak, Dayun.

Apel tersebut diikuti oleh unsur Forkompinda kabupaten Siak ditambah pihak swasta.

PT RAPP APRIL Group salah satu pihak swasta yang ikut ambil bagian pada kegiatan siaga Karhutla ini dengan mengekpos sejumlah perlengkapan canggihnya.

Apel ini dilakukan untuk memastikan kesiapsiagaan Kabupaten Siak dalam menanggulangi bencana Karhutla.

Setiap instansi dan stakeholder yang tergabung di dalam komando satuan tugas Satgas Karhutla potensial, dapat mempersiapkan segala sesuatunya sesuai sarana dan prasarana serta sumber daya yang ada.

PT RAPP tetap tersebut sebagai stakeholder pemerintah yang mumpuni dari segi personel, sarana dan prasarana tersebut.

"Mengingat saat ini kita memasuki musim panas periode ke dua, antara Mei hingga September 2022. Saat ini juga ditemukan 12 titik api, dengan luasan lahan yang terbakar 20,5 hektar di kabupaten Siak. Dengan apel kesiapsiagaan seluruh stakeholder bersiap-siap bagaimana menangani Karhutla, namun kita tetap melakukan pencegahan,” ujar Bupati Alfedri.

Ia juga menyebutkan upaya pencegahan yang dilakukan dengan cara sosialisasi, imbauan niat masyarakat untuk bersama-sama mecegah Karhutla.

Melakukan kegiatan pengelolaan lahan gambut yang ramah lingkungan.

"Filosofi yang mengatakan bahwa mencegah itu lebih baik dari pada menanggulangi dapat kita pedomani dalam menyelesaikan bencana Karhutla dan kabut asap yang merupakan perbuatan disengaja, artinya kesalahan akibat perilaku manusia dapat dilakukan dengan memperbaiki perilaku manusianya," kata dia.

Ia menambahkan, dari total luasan kabupaten Siak bujur sangkar atau 51 persen luasan Kabupaten Siak terdapat lahan gambut yang sangat rentan terjadinya Karhutla pada musim kemarau.

Ia meminta semua pihak menyadari kerawanan itu sehingga ia mendorong semua perusahaan bertanggungjawab atas konsesinya dan sekitar konsesinya.

Namun kekompakan setiap instansi dan swasta harus dijaga agar pencegahan dan penanggulangan Karhutla dapat dikeroyok bersama-sama.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved