Breaking News:

Pelalawan

Detik-detik Proklamasi Digelar Virtual, Upacara HUT Kemerdekaan RI di Pelalawan Digelar Pagi Hari

Upacara pengibaran bendara digelar pukul 07.00 wib di halaman kantor bupati. Peserta upacara dibatasi jumlahnya yang akan diatur bagian protokol

Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)
Pasukan Pengibar Pusaka (Paskibra) Kabupaten Pelalawan tahun 2019 sukses mengibarkan Sang Merah Putih pada upacara HUT Kemerdekaan RI yang ke-74 pada 17 Agustus 2019 lalu di lapangan sepakbola Pangkalan Kerinci. 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI- Peringatan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun 2020 di Kabupaten Pelalawan akan digelar secara virtual akibat Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Upacara hanya dilaksanakan pada pagi hari di halaman kantor bupati. Sedangkan penaikan bendera pusaka hanya mengikuti dari istana negara serta penurunan bendara pada sore harinya.

Kebijakan itu sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat yang diteruskan ke Pemerintah Provinsi Riau dan disampaikan ke kabupaten dan kota.

Data Covid-19 di Pelalawan Hari Ini, 27 Warga Positif Corona, Pasien Terlama Akhirnya Sembuh

"Tanggungjawab kita hanya pelaksanaan upacara penaikan bendera pada pagi hari saja. Ini dilaksanakan di halaman kantor bupati. Selain itu dilaksanakan virtual dan ada yang dihapuskan," tandas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pelalawan, Andi Yuliandry, kepada Tribun Pekanbaru.com, Jumat (14/8/2020).

Andi Yuliandry merincikan, upacara pengibaran bendara digelar pukul 07.00 wib di halaman kantor bupati. Peserta upacara juga dibatasi jumlahnya yang akan diatur oleh bagian protokol sebelum Hari Kemerdekaan nanti. Upacara ini hanya mengibarkan bendera merah putih biasa dan bukan duplikat.

Disparpora memberdayakan tiga orang anggota Paskibraka lama tahun 2019 silam untuk menaikan bendera, lantara Paskibraka tahun ini ditiadakan meskipun sudah sempat direkrut dan proses seleksi sudah tuntas.

VIDEO Kejari Pelalawan Eksekusi Denda Pemulihan Lahan Rp 15 M dari PT Adei Perkara Karhutla 2013

Padahal, kata Andi, pihaknya telah menuntaskan tahapan seleksi penerimaan anggota Paskibraka dari 12 kecamatan sebanyak 35 orang.

Bahkan orang-orangnya sudah ditentukan dan tinggal menjalani Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) serta masa karantina, sebagaimana biasanya setiap tahun. Bahkan seragam dan perlengkapan lainnya sudah sempat dibelanjakan.

Selain itu, Disparpora telah menggunakan sebagaian anggaran yang dialokasikan untuk Paskibraka ini selama tahap seleksi dan perekrutan.

Tentu penggunaan itu tetap harus dipertanggungjawabkan dan sisa anggaran lainnya akan kembali ke Kas Daerah (Kasda). Seragam yang terlanjur dibeli akan disimpan sebagai aset dan berharap bisa dipergunakan tahun depan.

"Untuk upacara detik-detik proklamasi virtual diatur oleh Bagian Protokol," tandasnya.

Hari Ini Lembaga DPRD Pelalawan Berduka Seorang Anggota Dewan dan Pendamping Komisi Meninggal Dunia

Kasubbag Protokol Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, Mulyadi menyebutkan, upacara virtual dilaksanakan di gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja. Yang diikuti seluruh pejabat eselon ll dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Furkopimda). Jumlah itu sesuai dengan kapasita gedung daerah yang menerapkan protokol kesehatan yakni menjaga jarak, menggunakan masker, menyediakan pencuci tangan, dan mengukur suhu tubuh.

"Jadi upacara yang dilaksanakan di istana negara, diikuti peserta upacara di dalam gedung. Jumlahnya memang dibatasi sesuai protokol kesehatan," kata Mulyadi.

Dikatakannya, demikian juga dengan penurunan bendera dilaksankan virtual di tempat yang sama. Adapu yang bertindak sebagai inspektur upacara pada pagi hari yakni Bupati Pelalawan HM Harris, sedangkan yang bertugas pada sore hari yaitu Wakil Bupati Pelalawan.

Pasien MR Pejabat Kemenag Pelalawan Akhirnya Sembuh dari Covid-19

Untuk malam renungan suci tetap dilaksanakan pada 16 Agustus malam yang dikoordinir oleh unsur TNI. Namun untuk pengukuhan Paskibra seperti biasanya ditiadakan karena memang tidak ada Paskibraka tahun 2020.
(Tribunpekanbaru.com/Johannes Wowor Tanjung)

Penulis: johanes
Editor: CandraDani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved