Breaking News:

Kronologi Detik-detik TNI-Polri Gerebek KKB, Satu Tewas Dua Diamankan, Ini BB yang Ditemukan di TKP

Tim sudah melakukan pengintaian. Kemudian dilakukan penggerebekan. Satu orang dinyatakan tewas dan 2 berhasil diamankan

Editor: Budi Rahmat
Antara/Laksa Mahendra/ Soni Namura/Ardi Irawan
Telah terjadi kontak senjata antara tim gabungan TNI-POLRI dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Joparu ,Distrik Sugapa ,Kabupaten Intan Jaya-Papua pada Minggu, 26 Januari 2020. Dalam persitiwa ini seorang anggota KKB dilaporkan tewas. 

TRIBUNPEKANBARU.COM- Inilah detik-detik penggerebekan lokasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) oleh tim gabungan TNI dan Polri.

Penggerebekan yang dilakukan pada Senin 26 Oktober 2020 itu menyebabkan satu orang anggota KKB tewas serta dua lainnnya terluka.

UPaya tegas terukur yang yang dilakukan tim gabungan merupakan bagian dari menjaga Kamtibmas NKRI serta menindak lanjuti dari penghadangan yang dilakukan KKB pada rombongan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) pada 9 Oktober 2020.

Baca juga: Dari mana Bripka JH Dapatkan 2 Senpi yang akan Dijual ke KKB, Padahal Spesifikasinya Canggih

Baca juga: Oknum Brimob Ini Sudah 6 Kali Jual Senapan, Tak Tanggung Jenisnya M-16 dan M4, Untuk KKB Papua?

Baca juga: Oknum Brimob Diduga Jual Senjata Serbu ke KKB OPM, Spesifikasinya Standar NATO

(KKB) kontak senjata dengan aparat gabungan TNI-Polri di Jalan Trans Nabire
(KKB) kontak senjata dengan aparat gabungan TNI-Polri di Jalan Trans Nabire (Humas Polres Mimika)

Tim yang sudah melakukan pengintaian mendapati salah satu lokasi yang dijadikan tempat berkumpul KKB.

Berikut Kronologi lengkapnya

Seorang anggota Kelompok Kriminal Bersenjata ( KKB), Rubinus Tigau tewas dalam penggerebakan Tim Gabungab TNI- Polri di Kampung Jalai, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua, Senin (26/10/2020) pada pukul 05.30 WIT.

Penindakan ini merupakan respons TNI-Polri'> TNI-Polri setelah KBB menghadang Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) pada 9 Oktober 2020.

" Tim Gabungan TNI-Polri'> TNI-Polri dan berhasil menewaskan satu orang KKB, Rubinus Tigau dan mengamankan dua orang lainnya yang salah satunya mengaku adik dari Rubinus Tigau. Darinya diperoleh keterangan bahwa Rubinus Tigau aktif dalam aksi KKB selama kurang lebih satu tahun terakhir," ujar Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa dalam keterangan tertulis, Senin (26/10/2020).

Suriastawa mengatakan, tim sebelumnya lebih dulu melakukan pengintaian lokasi sejak Rabu (21/10/2020).

Dari pengintaian tersebut, petugas kemudian mengidentifikasi salah satu honai yang diduga kuat sebagai salah satu pos KKB.

Baca juga: KKB OPM Mengganas, Prajurit TNI Diberondong Peluru Saat Patroli Pengamanan di Pegunungan Bintang

Baca juga: Tak Main-main, Inilah Sepak Terjang Ivan Sambon Mata-mata KKB di Freeport, Ternyata Berpengalaman

Hal itu juga diperkuat dengan adanya informasi masyarakat jika KKB kerap meminta jatah dana satu desa yang seharusnya digunakan untuk kepentingan umum desa.

Penggerebekan pun dilakukan.

Selain mengamankan dua orang dan menewaskan satu orang, akibat penindakan ini, seorang anak bernama Meinus (6 th) mengalami luka di bagian pinggang kiri akibat rekoset.

Meinus kemudian dievakuasi ke Bandara Bilorai, Intan Jaya, selanjutnya ke Timika untuk perawatan medis lebih lanjut, didampingi dua orang keluarganya.

Suriastawa menyatakan, setelah penindakan tersebut, petugas memakamkan jenazah Rubinus di lokasi.

"Atas permintaan pihak keluarga, korban tewas Pok KKSB dikubur di tempat. Tim Gabungan TNI- Polri membantu menggali kubur. Saat pemakaman, pihak keluarga mengakui bahwa korban selama ini aktif dalam aksi KKSB," ucap dia.

Dalam penindakan ini, petugas berhasil mengamankan beberapapanah dan anak panah, senjata tajam parang, satu pucuk senjata rakitan, dokumen struktur organisasi KKB Kodap VIII Kemabu Intan Jaya, uang tunai Rp. 69.000.000, dan dua unit handphone.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul TNI-Polri Gerebek Markas KKB di Distrik Sugapa, 1 Tewas dan 2 Diamankan

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved