Breaking News:

Lonjakan Covid 19 Riau

Kabar Baik, 5 Orang Sembuh Covid-19 di Pelalawan, Diskes: OTG Otomatis Sembuh Selama 14 Hari

Kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Pelalawan Riau terus bertambah, meskipun tidak signifikan seperti pekan lalu.

Penulis: johanes | Editor: Ilham Yafiz
istimewa
Update Covid-19 Kabupaten Pelalawan, Rabu (23/9/2020) 

TRIBUNPEKANBARU.COM, PANGKALAN KERINCI - Kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Pelalawan Riau terus bertambah, meskipun tidak signifikan seperti pekan lalu.

Hari ini, Rabu (23/9/2020), penambahan pasien baru Covid-19 sebanyak lima orang. Diantaranya berinisial MI (18), EP (65), GNE (16), ENT (54), dan BS (61).

Kelimanya menjalani isolasi dan pengobatan di rumah sakit swasta Kota Pekanbaru. Mereka menjalani swab test secara mandiri dan setelah hasilnya keluar dari laboratorium, ternyata positif corona.

"Sebagian besar berasal dari Pangkalan Kerinci dan Langgam. Suspek Covid-19 juga ada yang meninggal dunia satu orang. Kita masih menunggu hasil Swab test yang bersangkutan," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril M.Kes, kepada tribunpekanbaru.com, Rabu (23/9/2020).

Selain penambahan lima orang, pasien lama yang sembuh lebih banyak kali ini. Ada 40 orang pasien yang selama ini menjalani isolasi mandiri dinyatakan sembuh. Isolasi telah dilakukan selama 14 hari sejak dinyatakan positif corona.

Namun mereka dalam keadaan sehat dan tidak mengalami keluhan alias berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG). Mereka tak merasakan gejala seperti pasien lain yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Asril merincikan, hasil rapat koordinasi bersama Satgas Covid-19 Provinsi Riau, pasien berstatus OTG corona harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

Setelah selesai isolasi 14 mereka otomatis dinyatakan sembuh. Karena selama masa inkubasi, virus corona yang ada di tubuhnya telah hilang oleh imun.

"Jadi tak perlu diswab lagi, sudah pasti dinyatakan sembuh setelah isolasi selama 14 hari. Ini khusus pasien OTG. Aturan terbarunya seperti ini," tandas Asril.

Total warga Pelalawan yang terinfeksi corona sejak pandemi Covid-19 mencapai 460 orang. Dengan rincian sebanyak 155 orang yang sembuh dan selesai isolasi dengan mengantongi hasil swab yang negatif. Kemudian tiga orang meninggal dunia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved